Berbagai Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Mengetahui Berbagai Penyebab Utama Siklus Menstruasi Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya ~ Salah satu cara cepat hamil adalah dengan mengetahui masa subur, masa menstruasi dan masa tidak subur. Seseorang yang melakukan hubungan badan di saat masa subur akan berkemungkinan besar cepat hamil. Namun ada kalanya juga proses kehamilan terhambat karena terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur.

Pengertian Menstruasi adalah proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai terjadinya pendaharan secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Kejadian yang berulang inilah yang menjadi awal mula istilah siklus menstruasi.

Siklus menstruasi pada wanita normal rata-ratanya adalah 28 hari. Namun tidak semua wanita mengalami siklus haid yang teratur, ada yang sekitar 21 hari namun bahkan ada telat/terlambat datang bulan yang sampai 35 hari.
Berbagai Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Menurut dokter spesialis kandungan seperti dikutip dari detik.com, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K) mengatakan bahwa penyebab utama menstruasi tidak teratur adalah karena kondisi hormon yang tidak stabil. Adapun Hormon yang mempengaruhi siklus haid adalah hormon estrogen dan progesteron.
Siklus Menstruasi pada wanita normal
Gambar Siklus Menstruasi pada wanita normal

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Berikut ini beberapa penyebab utama siklus menstruasi tidak teratur :
1. Gaya Hidup
Berbagai contoh gaya hidup tidak sehat ternyata dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita, di antaranya sebagai berikut :
  • Stress. Stress karena terlalu banyak pekerjaan atau beban pikiran lain merupakan penyebab yang paling sering terjadi yang menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi pada wanita. Hal ini biasanya terjadi pada wanita karir ataupun remaja. Kondisi tubuh yang stress akan menyebabkan kelenjar adrenal akan mengeluarkan hormon kortisol yang nantinya akan berdampak lansung pada hormon-hormon estrogen dan progesteron
  • Kelebihan Berat badan. Obesitas atau kegemukan juga dapat menyebabkan masalah menstruasi. Akibat terlalu gemuk, otak tidak mampu untuk mentriger atau memicu hormon-hormon untuk perkembangan folikel yang berfungsi membuat hormon estrogen
  • Wanita yang Sedang Menyusui. 
  • Memakai Alat Kontrasepsi. Pil KB ataupun alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR)bisa mengakibatkan terjadinya perdarahan pada saat menstruasi
  • Gizi buruk, merokok, obat-obatan, minuman beralkohol dan kafein pada kasus-kasus tertentu dapat menyebabkan terjadingan gangguan siklus menstruasi.
2. Kondisi Kesehatan
Berikut ini berbagai kondisi kesehatan yang sering mengganggu siklus menstruasi antara lain :
  • Sindrom ovarium polikistik yang sering disingkat SOPK.  Hal ini terjadi ketika kista yang berukuran sangat kecil berkembang didalam ovarium sehingga mengakibatkan Ovarium bisa menghasilkan folikel memproduksi estrogen namun tidak bisa melepaskan sel telur tersebut. Hal ini akan mengakibatkan haid menjadi tidak teratur.
  • Ketidakseimbangan hormon saat perimenopause. Perimenopause merupakan periode transisi hormonal sebelum terjadinya menopause. Menopause terjadi ketika haid berhenti selama 12 bulan berturut-turut semenjak haid yang terakhir kalinya. Namun, kejadian ini sangat jarang terjadi. Yang sering terjadi adalah adalah siklus menstruasi yang berubah-ubah selama beberapa tahun atau bulan sebelum menopause. Adapun siklus mensturasi yang tidak teratur ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon progesteron yang berfungsi mengatur jumlah dan lama perdarahan. 
  • Ketidakseimbangan hormon androgen. Ada beberapa wanita yang menstruasinya  tidak teratur karena memiliki terlalu banyak androgen. Ketidakseimbangan hormon ini juga sering dikaitkan dengan berat badan yang berlebihan
  • Gangguan tiroid. Kelenjar tiroid berfungsi menghasilkan hormon untuk menjaga metabolisme pada tubuh manusia. Ketidak seimbangan hormon tiroid seperti pada hipotiroidisme akan menyebabkan berbagai gejala seperti menstruasi yang tidak teratur, penambahan berat badan, kelelahan, serta depresi.
  • Kegagalan ovarium prematur. Operasi Bedah, kemoterapi, ataupun terapi radiasi perut dan panggul dapat menyebabkan kegagalan ovarium prematur.
  • Kondisi lain seperti kelainan pada rahim (fibroid, polip, kista, endometriosis), TBC, sindrom iritasi usus,penyakit hati, serta diabetes juga bisa menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur menstruasi tidak teratur, meskipun jarang terjadi.
Demikianlah artikel kali tentang kesehatan dan kehamilan kali ini tentang berbagai penyebab siklus menstruasi tidak teratur pada wanita. Sampai jumpa di artikel berikutnya yang akan membahas cara mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur
Advertisement

Berbagai Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Judul Post :Berbagai Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Deskripsi : Ingin Cepat Hamil? Ketahui Berbagai Penyebab Utama Siklus Menstruasi Bulanan tidak teratur Pada Wanita dan Cara Mengatasinya
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters