Apa itu Beta Karoten? Fungsi dan Mamfaat Beta Karoten Bagi Tubuh Manusia

β-Karoten atau Betakaroten merupakan pigmen berwarna dominan merah-jingga yang ditemukan secara alami pada tumbuhan dan buah-buahan dan sangat bermamfaat bagi tubuh manusia. Banyak fungsi dari Beta Karoten yang tidak dimiliki senyawa lain. Jumlah yang dibutuhkan tubuh memang hanya ukuran milligram perhari. Tapi kalau tidak terpenuhi dapat menimbulkan gangguan fungsi.
Fungsi dan Mamfaat Beta Karoten Bagi Tubuh Manusia
Senyawa Beta Karoten banyak terdapat pada Wortel, Ubi, Labu dll

Apa itu Beta Karoten?
Beta karoten adalah merupakan senyawa yang memberikan warna jingga pada sayuran dan tumbuhan seperti labu, wortel, dan ubi. Beta Karoten jika diaplikasikan sebagai pewarna makanan memiliki bilangan E160. Di alam bebas, beta karoten adalah bentuk awal dari Vitamin A melalui enzim beta-carotene 15,15'-monooxygenase. Isolasi beta karoten di dalam buah-buahan umumnya menggunakan metode kromatografi kolom. Pemisahan beta karoten dari campuran dengan senyawa karotenoid lainnya berdasarkan polaritasnya. Beta karoten bersifat non-polar, sehingga dapat dipisahkan dengan pelarut non-polar seperti heksana

Mamfaat Beta Karoten untuk Mencegah Kanker
Selain hal di atas, Beta Karoten merupakan provitamin A banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Antioksidan  pada tubuh manusia dapat mencegah kerusakan materi genetik (DNA dan RNA) yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga laju mutasi dapat ditekan sedini mungkin.Dengan penurunan laju mutasi ini juga akan berujung pada penurunan risiko pembentukan sel kanker. Mamfaat antioksidan yang lain juga bisa pencegahan proses penuaan, terutama pada sel kulit manusia

Pergantian gaya hidup serta selera makan sering tidak disadari telah menyebabkan yang secara tidak lansung dan perlahan baru dirasakan. Data statistic dari penelitian sejumlah jurnal kedokteran di Negara-negara eropa mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet akan terkena resiko kanker lebih tinggi daripada dengan yang mengonsumsi bahan segar alami.


ATCB Trial Study tentang studi Beta Karoten
U.S National Cancer Institute (NCI) melakukan studi tentang beta karoten yang dilakukan di Finlandia. Tiga kelompok perokok laki-laki dewasa diberikan beta karoten, vitamin E, dan plasebo secara terpisah.

Dari hasil penelitiannya, mereka menemukan bahwa perokok yang mengambil suplemen beta karoten berpeluang 18 % lebih tinggi terkena kanker paru-paru yang diikuti angka kematian yang mencapai rata-rata 8 % lebih tinggi dari kelompok lainnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah Journal of the American Medical Association pada Juli 2003 ini kemudian dijadikan pedoman oleh banyak dokter di dunia saat membuat rekomendasi untuk pasien. Mereka menyimpulkan bahwa suplementasi beta karoten harus dihindari oleh para perokok karena dapat berpotensi merusak kesehatan.

Resiko Dan Efek Samping Beta Karoten
Dikarenakan pada penelitian di atas bahwa beta karoten ternyata akan meningkatkan risiko kanker paru-paru, terutama pada perokok atau orang yang telah terpapar asbestos. maka sangat direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi suplemen beta karoten ataupun makanan yang mengandung beta karoten. Jika adan sudah terkena Kanker paru-paru, asupan vitamin A bisa dicari dari sumber lain.
Advertisement

Apa itu Beta Karoten? Fungsi dan Mamfaat Beta Karoten Bagi Tubuh Manusia
Judul Post :Apa itu Beta Karoten? Fungsi dan Mamfaat Beta Karoten Bagi Tubuh Manusia
Deskripsi : Apa itu Beta Karoten? Fungsi dan Mamfaat Beta Karoten Bagi Tubuh Manusia untuk mencegah kanker serta resiko efek samping beta karoten
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters