Penyakit Sifilis - Penyebab, Gejala, Tanda dan Pecegahan Penyakit Sifilis

Apa itu Penyakit Sifilis?
Penyakit sifilis atau raja singa adalah salah satu penyakit kelamin menular seksual pada wanita dan laki-laki. Penyakit sifilis walaupun jarang terjadi, namun akibat yang ditimbulkannnya sangatlah fatal. Para penderita sifilis akan timbul bintik-bintik seperti bekas luka akibat digigit serangga pada organ vital mereka
Penyakit Sifilis - Penyebab, Gejala, Tanda dan Pecegahan Penyakit Sifilis
Gambar Penyakit Sifilis Pada Wanita
Tanda Penyakit sifilis ini tidak hanya menimbulkan luka atau peradangan di organ vital sahaja, namun bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain bahkan ke seluruh tubuh penderitanya

Penyakit sifilis atau Sipilis lebih banyak menyerang para pria, namun wanita juga bisa tertular penyakit ini. Penyakit Sipilis yang telah parah dapat menimbulkan  efek yang serius bagi tubuh seperti kerusakan sistem saraf, jantung, maupun otak. Penyakit Sipilis jika tidak segera disembuhkan dapat menular dan kepada pasangan seks.

Penyebab Penyakit Sifilis
Penyebab Penyakit Sipilis  adalah disebabkan oleh sejenis bakteri yang bernamatreponema pallidum atau bakteri spiroseta. Bakteri ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan berbentuk spiral yang berasal dari famili spirochaetaceae. Bakteri ini dapat hidup pada hampir seluruh tubuh manusia.

Bakteri penyebab penyakit sipilis ini biasanya masuk ke tubuh manusia melalui selaput lendir seperti vagina dan mulut. Bakteri ini kemudian masuk ke dalam tubuh inang dengan cara melalui celah di antara sel epitel

Ciri-Ciri, Gejala dan Tanda Penyakit Sifilis
Gejala ataupun tanda penyakit Sifilis ini sering kali menipu. Para penderita akan sangat mudah melihat gejalanya jika terdapat luka pada organ vital, namun ada juga yang tidak kelihatan (terutama pada wanita). Luka akibat bakteri sifilis ini bisa bersembunyi di vagina, anus, atau mulut.

Ciri dan gejala  penyakit sipilis dapat beragam dan berbeda antara satu sama lain. Kesalahan diagnosia seringkali dilakukan karena dari tanda-tanda awal penyakit sifilis ini seringkali dianggap sebagai penyakit yang lain. Gejala dan tanda-tanda penyakit mudah dideteksi pada laki-laki karena biasanya bekas lukanya tampak. Namun pada perempuan, seringkali penyakit ini sudah lama baru diketahui.

Gejala Penyakit Sifilis biasanya akan muncul dalam waktu 1-13 minggu setelah terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Berikut ini ada beberapa gejala  umum yang biasanya terjadi :
  • Tanda awal yang biasanya sering  dirasakan oleh yang terinfeksi adalah tidak enak badan, kehilangan nafsu makan, demam, mual, sakit kepala, cepat lelah, mudah berkeringat dan menggigil.
  • Dalam beberapa waktu sipenderita akan mengalami anemia
  • Muncul  ruam yang berwarna kemerahan pada daerah organ vital dan akan menimbulkan rasa gatal
  • Terjadinya kerontokkan rambut.
  • Terdapat luka terbuka pada organ vital seperti infeksi akibat digigit serangga
Pencegahan Penyakit Sifilis
Dengan mengetahui gejala penyakit Sifilis ini sejak dini, kita bisa melakukan pencegahan penularan/ perkembangan penyakit ini. Penyakit sifilis jika dibiarkan akan bisa mengakibatkan kematian.

Berikut ini adalah cara untuk mencegah terkena penyakit sifilis :
  • Jangan  melakukan seks bebas atau sering bertukar pasangan serta bersikap setialah kepada pasangan anda 
  • Menggunakan kondom akan mengurangi resiko terinfeksi sipilis.
  • Menghindari kontak seksual ataupun menyentuh lansung dengan tangan pada jaringan yang terpapar langsung atau dengan cairan
Jika kita pernah menderita penyakit Sifilis kemudian sembuh, maka bukan berarti kita telah kebal terhadap penyakit ini. Walaupun sifilis berhasil disembuhkan, namun para penderita dapat kembali terjangkit penyakit Sifilis jika tidak berhati-hati

Advertisement

Penyakit Sifilis - Penyebab, Gejala, Tanda dan Pecegahan Penyakit Sifilis
Judul Post :Penyakit Sifilis - Penyebab, Gejala, Tanda dan Pecegahan Penyakit Sifilis
Deskripsi : Penyakit Sifilis - Penyebab, Gejala, Tanda, Ciri-Ciri dan Pecegahan Penyakit Sifilis pada pria dan wanita (penyakit menular seksual PMS)
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters