Kepribadian Ganda, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa itu Kepribadian Ganda? Kepribadian ganda (alter ego) adalah merupakan hal yang aneh dimana seseorang bisa memiliki dua jiwa kepribadian atau lebih dalam satu tubuh. Dua kepribadian tersebut tidak mengenal satu sama lain, tidak mengetahui apa yang dilakukan satu sama lain, bahkan kadang memiliki sifat/kepribadian yang bertolak belakang.

Sebuah penelitian selama empat tahun di Melbourne menyebutkan, kepribadian ganda mulai dirasakan kemunculannya pada usia 20 tahun. Satu diantara seratus orang berpeluang mengidap penyakit ini. Artinya, sekitar 1% orang di dunia ini beresiko mengalami gangguan kepribadian.

Penyebab Kepribadian Ganda
Pada beberapa kasus, kepribadian ganda terbentuk dari rasa trauma pada masa kecil, pada usia sekitar 4-6 tahun. Trauma tersebut menyebabkan seorang anak berusaha “menciptakan” orang lain dalam dirinya, yang sama sekali berbeda dengan dirinya yang asli. Tujuannya adalah untuk melupakan trauma tersebut, mencari rasa aman dengan berganti ke kepribadian lain yang berbeda secara sifat, perangai, dan cara memecahkan masalah.

Misalnya, seorang gadis kecil yang sifat aslinya ramah, periang dan terbuka, mengalami pelecehan seksual pada usia 5 tahun. Pelecehan seksual ini membuatnya trauma dan ketakutan, bahkan sekedar untuk mengingat pun, dia tidak berani. Gadis kecil ini kemudian berusaha “mengganti” kepribadiannya, yang semula periang menjadi pemalu dan tertutup. Pikirnya, menjadi orang lain akan membantunya terlepas dari ingatan tentang pelecehan seksual tersebut. Kenyataannya, kepribadian awalnya yang periang tetap ada, dan kepribadian baru yang pemalu juga terlanjur terbentuk. Akibatnya, ini akan menyulitkannya kelak ketika dewasa.

Menurut Bert de Wildt, dokter lulusan Universitas Hanover di Jerman, salah satu penyebab munculnya kepribadian ganda adalah seringnya bermain game di internet secara terus menerus. Penelitiannya terhadap seorang wanita yang bermain game online selama tiga jam perhari selama tiga bulan, membuktikan hal ini. Memainkan karakter rekaan secara berganti-ganti membuat wanita ini kehilangan kendali atas identitasnya. Sekalipun tidak terlalu parah, namun gangguan ini cukup berarti. Wanita tersebut menjadi sering “mencampur” kepribadian aslinya dengan karakter-karakter yang dimainkannya di game.

Cara Mengatasi Kepribadian Ganda
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kepribadian ganda adalah mengenali semua kepribadian tersebut. Dua kepribadian atau lebih yang saling berbeda tersebut, kemungkinan besar akan saling mengisi satu sama lain. Misalnya, kepribadian A bersifat penurut namun matang dalam berpikir, sedangkan kepribadian B tegas, cerdas namun tidak peka pada keadaan. Dua kepribadian ini dapat disinkronkan menjadi tegas, cerdas, dan matang dalam berpikir. Namun, tentu hal ini tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras dari orang yang bersangkutan serta dukungan dari semua pihak.

Advertisement

Kepribadian Ganda, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Judul Post :Kepribadian Ganda, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Deskripsi : Kepribadian Ganda, Penyebab dan Cara Mengatasinya yang merupakan penyakit aneh dimana seorang bisa memiliki dua kepribadian yang bertolak belakang
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters