Cara Menggunakan Megger Listrik Untuk Mengukur Tahanan Isolasi

Cara Menggunakan Megger Listrik Untuk Mengukur Tahanan Isolasi ~ Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang macam-macam alat ukur listrik. Salah satu alat ukur listrik yang akan kita bahas kali ini adalah Megger

Pengertian dan Fungsi Megger
Megger atau Mega Ohm Meter berfungsi untuk mengukur besarnya tahanan isolasi dari suatu peralatan listrik yang dipakai. Mengapa tidak menggunakan Ohm Meter saja? Oleh karena tahanan yang mampu diukur oleh Ohm Meter biasa sangat kecil, maka untuk mengukur tahanan isolasi biasa digunakan Megger.

Megger biasa digunakan untuk memastikan atau memperbaiki peralatan listrik tenaga seperti generator, transformator, motor listrik serta mengukur tahanan isolasi pada jaringan SUTM. Megger digunakan dalam memeriksa kemungkin apakah peralatan listrik tersebut terjadi gangguan seperti gangguan hubung singkat antar phasa, hubung singkat phasa dengan bodi ataupun antar phasa.

Jenis-Jenis Megger
Megger terdiri dari megger analog yang menggunakan engkol untuk listrik pembangkitnya dan Megger digital yang menggunakan sumber daya dari baterai
Gambar Megger Listrik Analog
Gambar Megger Analog

Gambar Megger Listrik Digital
Gambar Megger Insulation Tester Digital

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum dan setelah menggunakan megger :
  1. Skala ukur yang dipakai harus lebih besar dari alat yang diukur. Misalnya jika akan mengukur tahanan isolasi motor listrik 380V maka gunakanlah skala ukur megger yang lebih besar seperti 500 V. 
  2. Sebelum mengukur, pastikan bahwa peralatan yang akan diukur dalam keadaan stop dan tidak ada arus listrik yang mengalir
  3. Setelah mengukur, Pastikan untuk grounding kembali peralatan yang diukur. Hal ini karena teknik pengukuran Megger adalah dengan menggunakan tegangan listrik yang jika tidak digrounding akan mengakibatkan kita kena setrum saat menghubungkan kembali. 
  4. Cara Grounding setelah pengukuran Megger : hubungkan setiap terminal atau kabel yang diukur dengan body. 
Cara Menggunakan Megger Listrik Digital Untuk Memperbaiki Motor Listrik

  1. Check baterai.
  2. Lakukan prosedur mekanikal  zero check atau kalibrasi saat megger off, jarum penunjuk harus tepat berimpit   dengan garis skala. Bila tidak tepat, atur pointer zero (10) pada alat ukur.
  3. Lakukan elektrikal zero check:
  4. Pasang kabel test pada megger terminal, serta hubung singkatkan ujung yang lain.
  5. Letakkan saklar pemilih di posisi 500.
  6. Letakkan saklar pemilih skala pada posisi skala 1.
  7. On-kan megger, jarum akan bergerak dan harus menunjuk tepat keangka nol, bila tidak tepat atur pointer.  Bila dengan pengaturan pointer tidak berhasil  (penunjukan tidak mencapai nol) periksa / ganti batere.
  8. Off-kan megger dan ulangi poin pengecekan elektrikal zero.
  9. Pasang kabel test ke peralatan yang diukur.
  10. Pilih tegangan ukur melalui saklar sesuai tegangan kerja alat yang diukur.
  11. On-kan megger, baca tampilan pada skalanya
Cara Menggunakan Megger Listrik Untuk Mengukur Tahanan Isolasi
Gambar Cara Melakukan Pengukuran Tahanan Isolasi Motor Listrik Menggunakan Megger

Cara Membaca Hasil Alat Ukur Megger
Setelah melakukan pengukuran tahanan isolasi pada motor, transformator ataupun yang lain. Selanjutnya kita akan membahas cara membaca hasil alat ukur megger yang telah kita lakukan sebelumnya.

Bila skala 1 hasil ukur menunjuk, pindahkan ke pemilih skala 2, bila hasilnya sama pindahkan ke skala 3, dan tunggu sampai waktu pengukuran yang ditentukan ( 0,5 – 1 menit) atau jarum penunjuk tidak bergerak lagi. Catat hasil ukur dan kalikan dengan factor kali alat ukur, bandingkan hasil ukur dengan standard tahanan isolasi. Harga terendah 1 MΩ / kV.

Demikianlah tutorial dasar teknik listrik kali ini tentang Cara Menggunakan Megger Listrik. Semoga bermamfaat

Advertisement

Cara Menggunakan Megger Listrik Untuk Mengukur Tahanan Isolasi
Judul Post :Cara Menggunakan Megger Listrik Untuk Mengukur Tahanan Isolasi
Deskripsi : Megger listrik. Cara Menggunakan Megger Listrik Untuk Mengukur Tahanan Isolasi pada motor listrik, trafo, kabel jaringan tegangan tinggi
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters