Macam-Macam Alat Ukur Listrik Elektronika, Fungsi dan Cara Penggunaannya (MODUL SMK)

Macam-Macam Alat Ukur Listrik Elektronika, Fungsi dan Cara Penggunaannya (MODUL SMK) ~ Pengertian Alat ukur listrik adalah suatu alat yang biasa digunakan dalam mengukur besaran-besaran listrik seperti kuat arus listrik (I), hambatan listrik (R), daya listrik (P), Tegangan/beda potensial listrik (V) dan yang lainnya.

Alat Ukur listrik menurut jenisnya terdiri dari dua macam yaitu yaitu alat ukur analog dan alat ukur digital. Saat ini, di Industri skala besar sangat banyak menggunakan alat ukur digital yang lebih mudah dalam penggunaannya.

MACAM MACAM ALAT UKUR LISTRIK

Berikut ini adalah macam-macam alat ukur listrik dan elektronika yang harus kita kenal :
  1. Amper-meter
  2. Voltmeter
  3. Ohm-meter
  4. Multimeter Analog/Digital
  5. Megger
  6. Watt Meter
  7. Osiloskop
Ampermeter
Amperemeter adalah alat ukur listrik untuk mengukur besar/kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu peralatan listrik baik listrik DC maupun AC.

Prinsip kerja alat ukur listrik ampere meter ini dengan prinsip kumparan medan magnet galvanometer. Semakin besar arus listrik yang mengalir maka akan semakin besar simpangan yang terjadi pada alat ukur dan semakin besar penunjukan alat ukur listrik tersebut.

Cara mengukur kuat arus listrik menggunakan Ampere Meter adalah dengan memasang seri pada rangkaian agar arus melewati ampere meter.

Hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan Ampere meter adalah jangan mengukur arus listrik yang diluar batas kesanggupannya. Contohnya : mengukur Arus listrik yang diperkirakan lebih dari 10 A hanya dengan Ampere meter 5A. Karena akibatnya ampere meter tersebut akan putus. Selain itu, perhatikan apakah Ampere meter tersebut adalah Ampere meter DC atau AC

Cara mengukur arus menggunakan Ampere meter adalah dengan cara besar arus yang mengalis alat menggunakan atau memAlat ukur listrik Ampere meter dipasang berderet dAmperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemen listrik. Jika kita akan mengukur arus yang melewati penghantar dengan menggunakan Amperemeter maka harus kita pasang seri dengan cara memotong penghantar agar arus mengalir melewati ampere meter.


Gambar Ampere Meter DC
Gambar Ampere Meter DC

Gambar Ampere Meter AC
Gambar Ampere Meter AC

Gambar Cara Mengukur Arus Listrik Menggunakan Ampere Meter :
Voltmeter  
Voltmeter adalah alat ukur listrik untuk mengukur besarnya tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Cara mengukur tegangan menggunakan Volt Meter adalah dengan cara menyusun paralel Voltmeter terhadap beban/rangkaian.

Gambar Volt Meter
Gambar Volt Meter Analog
Cara mengukur tegangan menggunakan Volt Meter
Cara mengukur tegangan menggunakan Volt Meter (Multimeter)
Ohm-meter
Ohm-meter adalah alat ukur listrik untuk mengukur hambatan listrik. Namun saat ini sudah sangat jarang digunakan karena orang lebih banyak menggunakan Multitester/Multimeter yang lebih banyak kegunaannya.

Gambar Ohm Meter
Gambar Ohm Meter Analog
Cara mengukur tahanan menggunakan ohm Meter
Gambar Cara Mengukur Tahanan (Resistor) dengan Ohm Meter

Multitester Analog/Digital 
Multimeter atau sering juga disebut multitester sering dipakai karena beragam kegunaannya. Multitester dapat mengukur listrik tegangan (voltmeter), hambatan (ohm-meter), serta arus litrik (ampere).
Gambar Multitester Analog
Multitester Digital
Gambar Multitester Analog
Multitester Analog



      

 








Megger
Megger merupakan alat untuk tahanan isolasi dari alat-alat listrik maupun instalasi-instalasi. Cara menggunakan megger listrik biasanya lebih sering dipakai pada industri besar/pembangkit.

Penggunaan Megger biasa dipakai untuk mengukur tahanan isolasi antara lain untuk:
a.    Kabel instalasi pada rumah-rumah/bangunan
b.    Kabel tegangan tinggi.
c.    Kabel tegangan rendah
d.   Transformator
e.    Dan peralatan listrik lainnya


Gambar Megger Listrik Digital
Gambar Megger Digital
Osiloskop
Oscilloscope adalah alat ukur elektronika yang dapat menunjukkan kepada anda 'bentuk' dari sinyal listrik dengan menunjukkan grafik dari tegangan terhadap waktu pada layarnya.

Oscilloscope terdiri dari tabung vacuum dengan sebuah cathode (electrode negative ) pada satu sisi yang menghasilkan pancaran electron dan sebuah anode ( electrode positive ) untuk mempercepat gerakannya sehingga jatuh tertuju pada layar tabung. Susunan ini disebut dengan electron gun.

Elektron-elektron disebut pancaran sinar katoda sebab mereka dibangkitkan oleh cathode dan ini menyebabkan oscilloscope disebut secara lengkap dengan cathode ray oscilloscope atau CRO.


Gambar Osciloscope

Nah, itulah sekilas tentang Macam-Macam Alat Ukur Listrik. Mungkin penjelasan di atas belum lengkap karena belum mengupas secara lengkap cara penggunaannya. Nantikan Updatenya di artikel yang lain. Terima Kasih
Advertisement

Macam-Macam Alat Ukur Listrik Elektronika, Fungsi dan Cara Penggunaannya (MODUL SMK)
Judul Post :Macam-Macam Alat Ukur Listrik Elektronika, Fungsi dan Cara Penggunaannya (MODUL SMK)
Deskripsi : Macam-Macam Alat Ukur Listrik Elektronika, Fungsi dan Cara Menggunakannya : Ampere-meter, Voltmeter, Ohm-meter, Multimeter Analog/Digital, Megger listrik, Osiloskop
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters