Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Virus MERS dan Cara Menghindarinya

Kejadian beberapa minggu di bulan April 2014 ini dimana terdapat beberapa orang yang mulai terkena virus MERS atau virus corona mengingatkan kita akan beberapa hal yang sebelumnya perlu diwaspadai bagi orang yang ingin pergi umroh atau naik haji ke Mekkah Arab Saudi. Karena Virus yang sebelumnya hanya menular dari hewan ke orang kini diduga bisa menular dari manusia ke manusia.

Seperti kejadian yang menimpa Jamaah umroh berinisial KS yang meninggal dunia pada 4 Mei 2014 lalu karena suspect (atau diduga terinfeksi virus flu Arab yang dinamakan Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV).

Apa itu virus MERS?
MERS-CoV adalah sejenis virus bagian dari coronavirus yang sama dengan SARS coronavirus, tapi lebih mematikan. SARS-CoV menyebabkan rata-rata kematian 10%, sedangkan rata-rata MERS-CoV mencapai 50%

Untuk itu, para pejabat Arab Saudi menghimbau calon jemaah untuk menjaga kesehatan pribadi sesuai standar, menutup hidung dan mulut dengan tisu ketika bersin, dan memperoleh vaksinasi.
Dikutip dari Health.Detik.com, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP yang juga merupakan Praktisi klinis FKUI-RSCM mengatakan bahwa virus corona atau virus flu arab ini berbahaya dan gejalanya sulit dibedakan dari flu biasa. Kenapa begitu?

Dirinya menjelaskan bahwa virus corona ini sangat berbahaya karena bisa menular dari orang ke orang, serta tingkat mortalitasnya tinggi. Gejala virus ini mirip dengan flu biasa, namun penyebarannya lebih cepat ke paru sehingga menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah atau pneumonia, serta radang paru.

Berikut gejala MERS-CoV:

1. Demam hingga mencapai 38 derajat celcius
2. Sakit dada
3. Napas pendek
4. Lemah
5. Batuk dan bersin
6. Diare (tidak ditemukan di semua kasus)
7. Gagal ginjal
8. Pneumonia

Orang-orang yang mudah terinfeksi virus mematikan ini adalah mereka yang kekebalan tubuhnya rendah, seperti orang yang sedang sakit, lansia, anak kecil, orang yang sedang kelelahan, dalam perjalanan, dan makan tidak teratur.

Karena saat ini belum ada vaksin atau boat untuk mengatasi virus MERS ini, maka kita wajib waspada akan gejala penularannya. Berikut ini beberapa hal yang harus kita hindari agar tidak terkena virus MERS : 

1. Untuk sementara sebagai pencegahan agara menghindari pasar Onta dan juga jangan kontak seperti menyentuh onta 
2. Biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan sehingga membuat kuman atau virus larut dalam air
3. Gunakan Masker, karena virus ini juga bisa menyerang lewat udara

Berikut ini penjelasan dengan gambar tentang Virus Corona yang dikeluarkan pemerintah Arab SaudiCiri-Ciri Orang Yang Terkena Virus MERS dan Cara Menghindarinya
Advertisement

Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Virus MERS dan Cara Menghindarinya
Judul Post :Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Virus MERS dan Cara Menghindarinya
Deskripsi : Mengenal apa itu Virus MERS atau flu arab dan ciri-ciri atau gejala orang yang terkena virus MERS seta bagaimana cara menghindari agar tidak terkena virus mers tersebut
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters