Contoh Biografi Tentang Diri Sendiri (Autobiografi)

Pengertian Autobiografi adalah tulisan tentang biodata diri seseorang yang mana biodata tersebut ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan, hal ini tentu berbeda dengan biografi untuk seorang tokoh. Contoh Autobiografi seringkali ditemukan pada sebuah Novel tepatnya pada bagian "tentang penulis". 

Perbedaan Biodata dan Biografi
Tidak seperti biodata yang hanya berisi informasi pokok seperti tanggal lahir, pendidikan dan lain-lain, sebuah biografi lebih lengkap informasinya. Apa saja yang telah ia lakukan dalam berorganisasi, berkeluarga, dalam melakukan penelitian dan aktivitas lainnya semua diulas lengkap dalam biografi sehingga dapat disimpulkan bahwa biografi adalah buku catatan hidup seorang sejak lahir hingga wafat.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah biografi tokoh
  • Hendaknya dipilih tokoh yang menjadi idola Anda, sehingga secara pribadi Anda memang tertarik dan ingin mengetahui lebih mendalam tentang tokoh tersebut.
  • Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tokoh tersebut, baik sejarahnya maupun apa yang saat ini tengah dilakukan bila ia masih hidup.
  • Hal menarik apa yang ingin Anda kedepankan dari tokoh yang dipilih dan sebaiknya hal ini juga menarik bagi masyarakat luas.
  • Apa yang telah dilakukan tokoh tersebut yang berdampak positif bagi masyarakat luas.
  • Bagaiamana cara beliau melewati berbagai halangan dan hambatan dalam perjalanan hidupnya.
  • Gali bahan referensi dari berbagai sumber baik cetak maupun elektronika.
Contoh Biografi Tentang Diri Sendiri (Autobiografi)

Contoh Biografi Tentang Diri Sendiri (Autobiografi)

Demikian pengantar singkat tentang biografi. Nah, terkait dengan autobiografi atau biografi tentang diri sendiri, berikut ini contoh autobiografi :
Nama saya  Irchash Akbar, Saya lahir di Kota Jember, 30 Januari 1992, Saya adalah anak kedua dari dua bersaudara, Ayah saya sudah meninggal Almarhum Harun Arrosyid dan Ibu saya bernama,Siti Rumiyati. Ayah saya dulu adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan Ibu saya sekarang adalah seorang Ibu Rumah Tangga. Kakak Saya seorang perempuan yang bernama Muchi Hibbatul lubaba, Kakak Saya sekarang alhamdulillah sudah menikah.

Pada umur 6 tahun Saya memulai pendidikan di jenjang SD Negeri Kemiri, yang berada di desa Kemiri, dan di sini yang menjadi salah satu guru saya adalah Almarhum Ayah saya sendiri.setelah Saya selesai pada tahun ajaran 2003/2004 dari jenjang SD dan mendapatkan ijasah. saya melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu di SMP, Pada jenjang SMP Saya bersekolah di SMP  Negeri 1 Panti Jember, yang berada di desa Panti, tepatya berjarak ± 10 Km dari desa Kemiri dimana SD saya berada. Di SMP inilah saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya, Seiring waktu berlalu selama 3 tahun saya menyelesaikan pendidikan pada tahun ajaran 2006/2007 dan saya mendapatkan izajah SMP. kemudian dilanjutkan kejenjang berikutnya yaitu di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, yang berada di Kota Ponorogo,Jawa Timur, adalah tempat Saya mengenakan pakaian putih abu-abu dan menuntut ilmu selama 4 tahun, di Pondok Modern Gontor ini Saya dibentuk menjadi seorang siswa didik yang mampu memimpin ummat dan memiliki bidang professi yang menjadi bekal bagi saya nantinya.

Di Pondok Modern Gontor ini saya belajar semua yang ada seperti Belajar Bahasa Arab dan Inggris bahkan ke dua bahasa tersebut diwajibkan dalam kehidupan sehari hari, disini juga saya banyak mengalami perubahan sikap dan mental menjadi lebih luar biasa dan semakin dewasa. Setelah saya menyelesaikan pendidikan di Pondok Modern Darusslam Gontor saya pada tahun ajaran 2010/2011, Di wajibkan untuk mengabdi selama 1 tahun penuh, guna untuk mengamalakan ilmu apa yang telah di dapat agar ilmu tersebut bermanfaat dan Alhamdulillah pada waktu itu saya ditempatkan pengabdian di Gontor 6 Magelang yakni Pondok Modern cabang dari Gontor 1, dan selama pengabdian saya juga berkuliah di institut islam darussalam setelah Pengabdian baru saya mendapatkan ijazah, dan Saya memutuskan untuk mentarsfer nilai atau  menlanjutkan perguruan tinggi diluar Dan di Universitas islam indonesia lah yang menjadi pilihan saya. Dan di sini saya telah mengikuti pendidikan mulai dari tahun ajaran 2012/2014 sampai sekarang sedang menjalani semester 5. Target Saya selesai awal tahun 2015, dan semoga itu bisa tercapai dan akan menjadi seseorang yang sukses dikemudian hari. Aamiin

Oya Saya suka warna coklat , hitam dan hijau, suka makanan pedas, hobbi Saya  Berenang, Membaca,menulis  dan mencoba hal yang dianggap baru. Suku Saya Jawa Agama saya Islam. Saya harap suatu saat nanti Saya bisa menjadi seorang Pegawai Bank atau Pegawai Kantoran dan menjadi seorang Manager pada lapangan kerja yang dapat saya ciptakan

sumber autobiografi : http://ibarseda151.wordpress.com/2013/12/31/contoh-autobiografi-saya/

Advertisement

Contoh Biografi Tentang Diri Sendiri (Autobiografi)
Judul Post :Contoh Biografi Tentang Diri Sendiri (Autobiografi)
Deskripsi : Apa itu Autobiografi? Autobiografi adalah biografi tentang diri sendiri dan ditulis oleh orang yang bersangkutan. Berikut ini syarat dan contoh Autobiografi selengkapnya
- Mengupas Berita dan Fakta Secara Detil
ditulis Oleh Detil.Net Mendapat rating4.7 oleh 167 voters